BREAKING NEWS

Join the Club

Minggu, 25 Januari 2015

Gali Tanah, Mulyono Temukan Guci Jaman Majapahit


Mojokerto – Warga Dusun Sari Rejo, Desa Tampung Rejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto menemukan pecahan guci yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit. Tak hanya guci dari tanah yang digali untuk batu bata tersebut juga ditemukan pecahan batu bata serta tulang. Mulyono (43) mengaku menemukan sejumlah pecahan guci, batu bata serta tulang saat menggali tanah di Dusun Kedung Rumpit, Desa Sumengko, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. “Saya gali untuk batu bata, sekitar kedalaman satu meter baru saya temukan barang-barang tersebut,” ungkapnya, Senin (08/12/2014).
Masih kata Mulyono, penggalian tanah ia mulai sekitar setengah tahun lalu. Ada beberapa warga yang menggali tanah untuk dibuat batu bata di lokasi sekitar Mulyono menemukan barang-barang yang diduga peninggalan jaman Kerajaan Majapahit tersebut. Namun di tempatnya yang banyak ditemukan barang-barang tersebut.
“Ada pecahan guci, batu bata merah ukuran besar bertumpuk-tumpuk tiga tumpukan, ada yang masih utuh tapi ada juga sudah berupa kreweng (pecahan kecil, red). Batu kali dan tulang-tulang tapi tidak lagi utuh, saya sendiri kurang tahu, itu tulang apa tapi sepertinya tulang manusia,” katanya.
Mulyono menduga, lokasi yang digali dan ditemukan tulang-tulang tersebut dulunya adalah komplek pemakaman. Ia mengaku belum melaporkan ke Badan Peninggalan Cagar Budaya (BPCP) di Trowulan. Barang-barang yang ditemukan tersebut ia kumpulkan saja.
“Bentuknya tidak lagi utuh, semua saya kumpulkan. Kalau ada warga yang minta, seperti batu bata, saya kasihkan. Saya tidak melaporkan penemuan ini karena saya pikir barang-barang seperti ini banyak ditemukan jika kita menggali tanah,” tegasnya

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 MOJOKLIK