BREAKING NEWS

Join the Club

Jumat, 30 Januari 2015

Situs Alun-alun Umpak Sentonorejo


Situs Umpak Sentonorejo  berada di Dusun Kedaton, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, kira-kira sekitar 100 meter di sebelah barat Candi kedaton. Ada umpak batu yang berukuran cukup besar terbuat dari batu andesit berjumlah 14 buah. Umpak tersebut berjajar dalam deretan dua baris dengan orientasi timur-barat serta berbentuk segi delapan berdiameter 0,77 meter yang di bagian tengah terdapat lubang berbentuk segi empat. Umpak berfungsi sebagai penyangga atap, otomatis lubang tersebut juga digunakan untuk meletakkan tiang.Waktu ditemukan umpak tersebut dalam kondisi miring tak beraturan, tapi dimungkinkan umpak tersebut masih in situ. Umpak tersebut berdiri atas pondasi yang berupa susunan atau tumpukan batu bata yang dikeraskan.Di sebelah selatan ditemukan umpak tapi berukuran lebih kecil. Di situs ini juga ditemukan fragmen genteng. Jadi dapat diambil kesimpulan komponen atap berupa genteng.Letak Umpak Sentonorejo ini berdekatan dengan Situs Lantai segi Enam dan Candi Kedaton Sumur Upas, kemungkinan besar ketiga situs tersebut saling berkaitan dan merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.
Situs Alun-alun umpak Sentonorejo terletak di Dusun Kedaton, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, sekitar 100 meter sebelah barat candi Kedaton.
Fisik situs berupa jajaran umpak batu yang tersusun rapi. Situs ini ditemukan pada tahun 1982, diduga posisinya tidak mengalami perubahan sama sekali.
Menurut penafsiran Arkeologis, situs umpak Sentonorejo adalah bekas pondasi sebuah bangunan yang menjadi satu kesatuan dengan Candi Kedaton dan situs lantai segi enam.
Belum dapat diketahui apa fungsi bangunan ini dan bagaimana keterkaitannya dengan candi Kedaton dan Situs Lantai Segi Enam.(BACA SUMBER ASLINYA DISINI)


Posting Komentar

 
Copyright © 2015 MOJOKLIK