BREAKING NEWS

Join the Club

Selasa, 27 Januari 2015

KAI Operasikan KA Jenggala Rute Mojokerto-Sidoarjo

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (kiri) didampingi Bupati Sidoarjo Saifullah (kanan) meresmikan kereta perintis KA Jenggala di Stasiun Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (24/11). (sumber: Antara/Suryanto)
 Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan KA Jenggala rute Mojokerto-Sidoarjo pulang pergi (PP) untuk mengakomodasi kebutuhan transportasi massal yang aman, nyaman, dan bebas macet.
Manajer Humas Daop 8 Surabaya Sumarsono mengatakan, pengoperasian KA Jenggala tersebut diselenggarakan sesuai dengan Kontrak Penyelenggaraan Perkeretaapian Angkutan Perintis KA Lintas Pelayanan Mojokerto-Tarik-Tulangan-Sidoarjo No. 215/LLA.KA/XI/2014 dan No. HK.221/XI/1/KA-2014 pada 5 November 2014 antara Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dengan PT KAI (Persero).Peluncuran operasional KA baru berjenis Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) buatan PT Inka itu diselenggarakan di Stasiun Sidoarjo dan dihadiri oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.
"Masyarakat sebenarnya sudah dapat menikmati layanan KA perintis ini sejak soft launching-nya, Rabu (12/11) lalu di Stasiun Mojokerto," kata Sumarsono dalam rilis yang diterima Antara, Senin (24/11).
Tiket kereta tersebut dibanderol Rp 4.000 dengan mekanisme sebagian besar biaya ditanggung oleh pemerintah melalui dana keperintisan."Tiket KA Jenggala menggunakan tiket thermal, pelayanan pencetakan tiket KA Jenggala dapat lebih cepat," ujarnya.
Setelah lama tak dioperasikan, masyarakat di sepanjang rute Mojokerto-Sidoarjo dapat menikmati perjalanan sepanjang 32 kilometer yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 51 menit.
Ada dua set KRDI untuk operasional lintas Mojokerto-Sidoarjo yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.Satu rangkaian KRDI terdiri dari empat kereta dengan kapasitas total satu rangkaian sekitar 266 tempat duduk.
Namun, sesuai ketentuan, KA lokal diperbolehkan mengangkut penumpang hingga kapasitas maksimum 150 persen."Penumpang dapat menikmati perjalanan dengan nyaman karena selain desain tempat duduk yang empuk dan fasilitas pegangan bagi penumpang berdiri, KA Jenggala juga dilengkapi dengan fasilitas AC," katanya.KA Jenggala ini akan berhenti di beberapa stasiun, yakni Stasiun Mojokerto, Tarik, Tulangan, dan Sidoarjo. Dalam sehari, total jadwal keberangkatan sebanyak enam kali pulang pergi.

Penulis: /FIR

Sumber:Antara

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 MOJOKLIK